Wagub Buka Rakernas Pejabat Dirjen Bimas Kristen Pusat dan Daerah

PEMUKULAN GONG : Wakil Gubernur Kalimantan Barat Drs. Christiandy Sanjaya, SE. MM memukul Gong didampingi Dirjen Kementerian Agama RI, Kakanwil Agama RI Provinsi Kalbar, para Pejabat lainnya tanda dimulainya kegiatan Rapat Kerja Nasional Pejabat Dirjen Bimas Kristen Pusat dan Daerah Tahun 2016, yang berlangsung di Hotel Golden Tulip, Pontianak, Rabu (9/3) foto : Ruslan Humas Prov.

PONTIANAK – Pembinaan dan pembangunan dibidang agama dan pendidikan senantiasa mempunyai kedudukan dan peranan yang amat penting sebagai bagian integral dari upaya meletakkan landasan moral dan spiritual yang kokoh bagi keberhasilan pelaksanaan pembnagunan nasional dan daerah. dengan demikian manusia sebagai subyek pembangunan akan mampu menempatkan diri dalam keselarasan, keseimbangan dan keserasian hidup antara manusia satu dengan yang lainnya di dalam masyarakat dan dengan alam lingkungannya serta dengan Sang Penciptanya. Yang pada gilirannya hal ini akan menjadi kekuatan efektif bagi keberhasilan pembangunan baik secara moril maupun spirituil. Disamping itu, kondisi tersebut juga menjadi modal utama dalam membina dan mengembangkan kerukunan hidup antar umat beragama, yang tentunya akan semakin meningkatkan peran serta umat beragama dalam membangun bangsa, termasuk dalam upaya mengatasi krisis ekonomi, krisis budaya, dan krisis kepercayaan terhadap nilai-nilai ajaran agama seperti gangguan radikalisme dan ancaman yang kita alami sekarang.

Hal tersebut dikemukakan Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Drs. Christiandy Sanjaya, SE. MM dalam sambutannya saat membuka Rapat Kerja Nasional Pejabat Dirjen Bimas Kristen Pusat dan Daerah tahun 2016, yang berlangsung di Hotel Golden Tulip, Pontianak, Rabu (9/3)

Wagub menambahkan, bahwa kegiatan Rakernas yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama tersebut sangat penting dan memiliki nilai yang strategis dalam upaya-upaya pembinaan serta peningkatan kualitas kerja dan pelayanan institusi pemerintahan dan peningkatan kehidupan umat beragama dalam membangun kaimanan di masa yang akan datang. disadari atau tidak, saat ini kita hidup di era demokrasi yang penuh dengan perkembangan dan perubahan sosial yang berjalan secara dinamis. Miskomunikasi dalam hubungan sosial kemasyarakatan, gerakan radikalisme bahkan terorisme yang mengatasnamakan agama, kadangkala menimbulkan letupan-letupan baik kecil dan besar, yang pada kondisi tertentu dapat menimbulkan gesekan, bahkan hingga munculnya tindakan anarkis yang merugikan berbagai pihak. Disisi lain kita juga dihadapkan pada permasalahan ekonomi dan sosial yang cukup komplek, terkait dengan degradasi moral, seks bebas, penyimpangan orientasi seks, penyalahgunaan narkoba, kemiskinan, buta huruf, kebodohan, maraknya tingkat kriminalitas, maslah kerukunan hidup dalam masyarakat, serta pengrusakan lingkungan hidup, bencana alam, dan lain-lain. Dengan berbagai permasalahan tersebut, kita terpanggil untuk bersama-sama terlibat dalam memberikan solusi terbaik bagi masyarakat umum dan terutama umat kristiani atas segala permasalahan yang dihadapi.

Wagub berharap, penyelenggaraan Rakornas tersebut dapat dijadikan momentum agar Pemerintah dapat lebih intens dalam bersinergi dengan gereja dan lembaga pendidikan agar pekerjaan pekabaran injil, pendidikan berbasis agama dan pendidikan umum dapat berjalan sesuai harapan agar umat kristiani merasakan kasih karunia Allah dan menghasilkan buah-buah roh yaitu kasih, suka cita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri dan berbudi pekerti luhur dimanapun dan kapanpun, Wagub Juga berharap bahwa sebagai aparat pemerintah tentunya wajib melayani masyarakat diseluruh strata sosial maupun ekonomi, dan menciptakan pemerintahan yang bersih dan lebih giat mengemban tugas negara dengan kerja, kerja dan kerja, dan dapat merealisasikan 9 program Nawa Cita.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Dirjen Kementerian Agama RI, Odhita R. Hutabarat, Kakanwil Kemenag Kalbar, beserta jajaran, pimpinan kelembagaan pendidikan keagamaan dan pendidikan kristen, pejabat eselon II Ditjen Bimas Kristen, Ketua Sekolah Tinggi Keagamaan Kristen Negeri, pejabat eselon III pusat dan Kabid Pembimas se Indonesia serta pejabat eselon IV dari pusat dan daerah. (ruslanhumasprov).

 

Sumber : http://www.pontianakpost.com/wagub-buka-rakernas-pejabat-dirjen-bimas-kristen-pusat-dan-daerah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *