Bagaimana Cara Cek NIDN?

Setiap pengajar yang terdaftar sebagai dosen tetap suatu universitas baik itu kampus negeri maupun swasta pasti memiliki NIDN, dengan catatan dosen tersebut sudah didaftarkan dalam daftar dosen di Ditjen DIKTI (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi) oleh kampus yang bersangkutan.

Jadi biasanya kalau belum didaftarkan untuk mendapatkan NIDN oleh perguruan tinggi dimana ia bekerja, tidak bisa serta merta NIDN didapatkan meski statusnya sebagai dosen, baik itu universitas swasta maupun universitas negeri sekalipun.

NIDN adalah singkatan dari Nomor Induk Dosen Nasional, dimana id tersebut merupakan identitas yang sah dan diakui sebagai tenaga dosen oleh DIKTI. Ada banyak keuntungan seorang dosen yang mempunyai NIDN, diantaranya adalah dosen yang bersangkutan bisa mengikuti kegiatan penelitian yang diselenggarakan bagi dosen oleh Dikti. Selain itu sang dosen yang mempunyai NIDN juga dapat berkompetisi untuk mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, baik di dalam dan diluar negeri.

Cara Cek NIDN

Untuk mengetahui informasi NIDN seorang dosen, anda bisa melihatnya di situs resmi DIKTI. Bagi anda yang ingin mengetaui cara cek NIDN silahkan anda kunjungi website berikut ini : CARA CEK NIDN Dosen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *