Kuliah Umum: “Kehidupan Kristen yang Berkarakter Kristus”

Burere – Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri (STAKPN) Sentani mengadakan kuliah umum pada hari Senin tanggal 20 November 2017, di aula gedung Serbaguna Manuri.

Kuliah umum ini diikuti oleh sedikitnya 250 mahasiswa dan tenaga dosen serta tenaga kependidikan yang disampaikan oleh Bapak Prof. Dr. Melkias Hetaria, S.Th, MA, M.Hum dengan materi kuliah “Kehidupan Kristen yang Berkarakter Kristus”.

Prof. Dr. Melkias Hetaria, S.Th, MA, M.Hum, mengawalinya dengan menjelaskan bahwa kita ini adalah Imago Dei, jadi seharusnya kita menjadi serupa dengan Allah yang tidak lain adalah karakter Kristus itu sendiri seperti yang terdapat dalam Roma 8 : 29 .

“Ada 4 (empat) kebutuhan dasar yang penting untuk membawa kita menuju kepada karakter Kristus, yaitu:

Pertama Harga Diri, harga itu adalah kejujuran, ketulusan, serta bisa dipercaya, tetapi harga diri yang utama adalah nyawa Yesus, karena Yesus telah membayar dengan harga yang mahal sebab kita serupa dan segambar dengan Dia

Kedua, Pengenalan Diri, Patologi Sosial terjadi salah satunya karena pengenalan diri yang keliru. Di kantor/tempat kerja pengenalan diri sebagai sebagai bawahan dan atasan harus ada. Kalau kita sebagai atasan jangan membuat diri sebagai atasan, dan kalau kita sebagai bawahan jangan membuat diri sebagai atasan

Ketiga, Percontohan, Bagaimana percontohan di republik ini? bagaimana percontohan di kampus ini?, serta bagaimana percontohan dalam pergaulan?. Tuhan Yesus telah menjadi contoh yang penting bagi kita semua yang sudah sangat jelas, mari kita ikut teladan itu, mari kita ikut contohnya.

Keempat, Disiplin Diri, Kita harus mendisiplin diri seperti disiplin masuk kelas, displin belajar, makan, kerja, istirahat.

“Jadi tolong diperhatikan 4 (empat) kebutuhan dasar untuk pembentukan karakter, tata nilai untuk menjadi serupa dengan Kristus” imbuhnya.

“Tetapi tentu yang menjadi dasar adalah kuasa Allah untuk menebus kita menjadikan kita Anak Tuhan dan dibarengi dengan keputusan kebutuhan dasar ini sejalan dengan apa yang dikatakan oleh Bapak Jokowi, perubahan mental itu akan terjadi”

“Revolusi mental ini akan terjadi apabila Kristus menebus kita dari dosa, kuasa dosa tidak lagi berkuasa atas kita sehingga pendidikan, ajaran yang diberikan kepada kita sesuai dengan tuntutan Kristus, maka saya yakin dan percaya akan terjadi didalam kehidupan kita dimana saja kita berada dan secara khusus ditengah-tengah kampus yang kita cintai ini” tegasnya.

 

Editor: Zem Timang
Sumber Foto: Zem Timang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *