Program Studi Pendidikan Agama Kristen

Terakreditasi BAN-PT: 044/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2014

VISI:
Terwujudnya Jurusan Pendidikan Agama Kristen yang unggul dalam menciptakan tenaga pendidik Agama Kristen yang beriman, bermoral, berkompetensi dan mampu menjawab tantangan zaman.

MISI:
1. Meningkatkan Mutu manajemen Jurusan PAK
2. Meningkatkan Mutu SDM Dosen dan Tenaga Kependidikan
3. Meningkatkan Mutu Pembelajaran sesuai SOP
4. Meningkatkan Kuantitas, Kualitas dan Relevansi Penelitian di bidang PAK
5. Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas Pengabdian kepada masyarakat

TUJUAN:
1. Menyiapkan peserta didik yang memiliki kemampuan akademik yang profesional yang dapat menerapkan dan mampu mengembangkan ilmu Pendidikan Agama Kristen.
2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pendidikan agama Kristen serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIANNYA
Menghasilkan lulusan (output) yang akan menjadi pendidik/pelayan di bidang PAK, yang unggul dalam iman, moral serta memiliki kemampuan dalam pengembangan ilmu pengetahuan, demi menjawab tantangan zaman.
Demi mencapai sasaran tersebut, maka strategi pencapaiannya adalah sebagai berikut:
1. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di bidang PAK.
2. Meningkatkan pengembangan Jurusan/Prodi PAK.
3. Mengembangkan kurikulum dan pembelajaran di bidang PAK.
4. Meningkatkan pembinaan dan penyelenggaraan evaluasi dan supervisi pendidikan
5. Meningkatkan penelitian bagi pengembangan keilmuan di bidang PAK.
6. Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat di bidang PAK.
7. Meningkatkan sarana dan prasarana Jurusan/Prodi PAK.
8. Meningkatkan kerjasama antar perguruan tinggi dan instansi terkait di dalam dan di luar negeri
9. Meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga kependidikan Jurusan/Prodi PAK.
10. Meningkatkan mutu manajemen Jurusan/Prodi PAK.

TENAGA DOSEN TETAP

No. Nama Dosen Tetap  

NIDN**

Tgl. Lahir Jabatan Akademik*** Gelar Akademik Pendidikan S1, S2, S3  dan Asal PT* Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan
1 Dominggas Mirino, S.PAK 2026035301 26-3-1952 Asisten Ahli III/b Sarjana PAK S1=STT GKII.S.Kijne Jayapura S1=PAK
2 Markus S. Gainau, S.Th. M.Th 2023057201 23-5-1972 Lektor III/c Magister Pend. Kristen S1=STAKPN Sentani

S2=UKIT Tomohon

 

S1=PAK

S2=PAK

 

3 Abjanli Himber, S.Th, M.Pd.K 20005017202 5-1-1972 Asisten IIII/a Magister Pend. Kristen S1=STAKPN Sentani

S2=UKIT Tomohon

 

S1=PAK

S2=PAK

 

4 Dr. Fredrik Warwer, M.Th 2022096201 22-9-1962 Asisten Ahli III/a Doktor PAK S1=STAKPN Sentani

S2=UKIT Tomohon

S3=UKIT Tomohon

S1=PAK

S2=PAK

S3=PAK

5 Fenny Regina Heweldery, S.Th, M.Pd.K 1016027002 16-2-1970 Asisten Ahli III/a Magister Pend. Kristen S1=STAKPN Sentani

S2=STII Yogyakarta

S1=PAK

S2=PAK

 

6 Jolanti Wisje Pentury, S.Th, M.Pd.K 2010097603 1976 Asisten Ahli III/a Magister Pend. Kristen S1=STAKPN Sentani

S2=STAKPN Ambon

S1=PAK

S2=PAK

 

7 Sarce Maria Garjalay, M.Pd.K 2009026801 9-2-1968 Asisten Ahli III/a Magister Pend. Kristen S1=STAKPN Sentani

S2= STT GKII.S.Kijne Jayapura

S1=PAK

S2=PAK

 

8 Seprianti Pandi, S.Th, M.Pd.K 19-9-1985 Sarjana Teologi S1=STAKPN Sentani

S2=STAKPN Ambon

S1=PAK

S2=PAK

9 Bernard Labobar, S.Th, M.Pd.K 2-11-1982 Sarjana Teologi S1=STAKPN Sentani

S2=STAKPN Ambon

S1=PAK

S2-PAK

10 Julianus Labobar, SE, M.Pd 2007076601 7-7-1966 Lektor III/c Magister

Pendidikan

S1=STIE Ottow Geissler Jayapura

S2=UNIMA Manado

S1=Ekonomi Manajemen

S2=Manajemen Pendidikan

11 Yosep Kambu, S.PAK, M.Si 2001037401 1-3-1974 Lektor IIII/c Magister Sains S1=STT GKI I.S. Kijne Jayapura

S2=UKSW Salatiga

S1=PAK

S2=Sosiologi Agama

12 Obeth Rumabar, S.PAK, M.Pd 2017106903 1969 Assisten Ahli III/b Magister Pendidikan S1=STT GKI I.S. Kijne Jayapura

S2=UNIMA Malang

S1=PAK

S2=Bimbingan Konseling

13 Kresbinol Labobar, S.Th, M.Si 2005097702 5-9-1977 Asisten Ahli III/b Magister Sainns S1=STAKPN Sentani

S2=UKSW Salatiga

S1=PAK

S2=Sosiologi Agama

14 Daniel Wenda, S.PAK, M.Pd 2007107001 7-10-1970 Asisten Ahli III/b Magister Pendidikan S1=UKRIM Yogyakarta

S2=Univ. Negeri Yogyakarta

S1=PAK

S2=Teknologi Pembelajaran

15 Pilipus Maurits Kopeuw,  S.Th, M.Pd 2026117101 26-11-1971 Asisten Ahli III/a Magister Pendidikan S1=STT Intheos Solo

S2=Univ. Negeri Yogyakarta

S1=PAK

S2=Penelitian & Evaluasi Pendidikan

16 Alfius Aninam S.Th, M.Pd 2025017101 25-1- 1971 Asisten Ahli III/a Magister Pendidikan S1=STAKPN Sentani

S2=Univ. Negeri Yogyakarta

S1=PAK

S2=Penelitian & Evaluasi Pendidikan

17 Dr. Maryam B. Gainau, M.Pd 2006087601 6-8-1976 Asisten Ahli III/a Doktor Pendidikan S1=UNCEN Jayapura

S2=UNIMA Malang

S3=UNIMA Malang

S1=Psikologi

S2=Bimbingan Konseling

S3=Bimbingan Konseling

18 Christina Anita Jeujanan, M.Pd 2019067902 19-6-1979 Asisten Ahli III/b Magister Pendidikan S1=UNCEN Jayapura

S2=Univ. Negeri Yogyakarta

S1=Bahasa Indonesia

S2=Teknologi Pembelajaran

19 Evelien F. Ugadje, S.Th, M.Pd 2027107302 27-10-1973 Asisten Ahli III/b Magister Pendidikan S1=STAKPN Sentani

S2=Univ. Negeri Yogyakarta

S1=PAK

S2=Manajemen Pendidikan

20 Samuel Yanengga, S.Th, M.Pd 2004057401 4-5-1974 Asisten Ahli III/a Magister Pendidikan S1=STAKPN Sentani

S2=Univ. Negeri Yogyakarta

S1=PAK

S2=Manajemen Pendidikan

21 Dorce Bu’tu, SE, M.Pd 2024127603 24-12-1976 Asisten Ahli III/a Magister Pendidikan S1=UKI Toraja

S2=Univ. Negeri Yogyakarta

S1=Ekonomi

S2=Manajemen Pendidikan

22 Fadli Marthen Modouw, SH 2030018201 30-1-1982 Asisten Ahli III/a Sarjana Hukum S1=UNCEN Jayapura S1=Hukum
23 Simon Tabuni S.Th, M.Si 2002096601 2-9-1966 Asisten Ahli III/b Magister Sosiologi Agama S1=STAKPN Sentani

S2=UKSW Salatiga

S1=PAK

S2=Sosiologi Agama

KOMPETENSI UTAMA LULUSAN
Berdirinya STAKPN Burere Sentani dari swasta tahun 1995 dan dinegerikan pada tahun 2000, Kurikulum yang digunakan sebagi dasar pelaksanaan proses belajar mengajar adalah Kurukulum jurusan Pendidikan Agama Kristen yang dibagi dalam dua kelompok yaitu, mata Kuliah Inti dan mata Lokal. Setelah proses belajar mengajar dengan instrumen kurikulum yang dimaksud, maka perubahan kurukulum yang dilakukan oleh KMA nomor 534 tahun 2007. Kurukulum PAK adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran yang berlangsung di jurusan PAK.
Kurikulum juga memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnyayang mendukung tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visiprogram studi. Kurikulummemuatmata kuliah yang terdiri dari mata kuliah Inti dari KMA nomor 534 tahun 2007 yang terdiri dari 80 sks dan muatan lokal berjumlah 80 sks. Kurikulum mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.
Kurikulumdirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills danketerampilan kepribadian dan perilaku (soft skills)yangdapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.
Kurikulum Prodi PAK mengacu pada Keputusan Mentri Agama RI No 534 Tahun 2007 dengan Jumlah 80 sks inti dan 80 sks lokal sehingga total menjadi 160 sks. Kurikulum tersebut terdiri dari 5 mata kuliah dengan kompetensi yang diharapkan yakni:

1. Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian(MPK), terdiri dari 7 mata
kuliah(14 sks), dengan kompetensi yang diharapkan:
Memiliki Kepribadian sebagai warga negara dan waraga masyarakat yang tinggi iman,tinggi ilmu, dan tinggi pengabdian.
Berpotensi menjadi pendidik yang bermoral, handal dan unggul.
Mata kuliah yang termasuk dalam kelompok ini sebagai berikut:
1. Kewarganegaraan (2sks)
2. Bahasa Inggris (2sks)
3. Pendididikan Kewarganegaraan (2sks)
4. Pendididikan Pancasila (2sks)
5. Ilmu Alamiahh Dasar (2sks)
6. Bahasa Indonesia (2 sks)
7. Aplikasai Komputer (2 sks)

2. Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK), terdiri dari 11 mata kuliah (22 sks), dengan kompetensi yang diharapkan:
Sarjana Pendidikan Agama Kristen yang profesional dalam penguasaan ilmu dan cara menetapkannya.Menguasai ilmu Pendidikan Agama Kristen untuk dapat diaplikasikan pada bidang-bidang kehidupan yang membutuhkannya di gereja, pemerintah dan masyarakat.
Mata kuliah yang termasuk dalam kelompok ini sebagai berikut:
1. Pembimbing dan Pengetahuan PL I (2 sks)
2. Pembimbing dan Pengetahuan PL II (2 sks)
3. Pembimbing dan Pengetahuan PB I (2 sks)
4. Pembimbing dan Pengetahuan PB II (2 sks)
5. Pembimbing Teologi Sistematika (2 sks)
6. Psikologi Umum (2 sks)
7. Filsafat Pendidikan (2 sks)
8. Psikologi Perkembangan (2 sks)
9. Psikologi Pendidikan (2 sks)
10. Teori Belajar Dalam PAK (2 sks)
11. Metodologi Penelitian (2 sks)

3. Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB), terdiri dari 13 mata kuliah (33 sks) dengan kompetensi yang diharapkan:
Kehandalan sebagai tenaga pelayan di bidang keagamaan Kristen.Menjadikan ilmu Pendidikan Agama Kristen sebagai pembentuk kemampuan berpikir yang dapat diekspresikan lewat sikap dan perilaku dalam menyelesaikan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari serta pelaksanaan tugas-tugas pelayanan.
Mata kuliah yang termasuk dalam kelompok ini sebagai berikut:
1. Dogmatika 1 (3 sks)
2. Dogmatika 2 (3 sks)
3. Etika Kristen (3 sks)
4. Sejarah Gereja Asia (2 sks)
5. Sejarah Gereja Indonesia (2 sks)
6. Pembimbing PAK I (2 sks)
7. Pembimbing PAK II (2 sks)
8. Kurikulum PAK (2 sks)
9. Strategi Pembelajaran PAK (2 sks)
10. PAK Anak-Anak (2 sks)
11. PAK Remaja/Pemuda (2 sks)
12. PAK Dewasa (2 sks)
13. Evaluasi PAK (2 sks)

4. Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB), terdiri dari 5 mata kuliah (11 sks) dengan kompetensi yang diharapkan:
Memiliki kemampuan profesional sebagai pelayan di gereja dan masyarakat
serta dapat menerapkan prinsip-prinsip kristiani dalam melaksanakan tugas
Mata kuliah yang termasuk dalam kelompok ini sebagai berikut:
1. Kateketika (2 sks)
2. Homeletika (3 sks)
3. Misiologi (2 sks)
4. PAK (2 sks)
5. Bimbingan Konseling (2 sks)

5. Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB), terdiri dari 2 mata kuliah (12 sks) dengan kompetensi yang di harapkan:
Memiliki kemampuan dan kepekaan memahami konteks dan kebutuhan gereja dan masyarakat sehingga dapat mengabdikan dirinya sesuai keahlian.
Mata kuliah yang termasuk dalam kelompok ini sebagai berikut:
1. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) (6 sks), dan
2. Skripsi (6 sks)

KOMPETENSI PENDUKUNG LULUSAN
Kurikulum Program Studi Pendidikan Agama Kristen mengacu pada Keputusan Ketua STAKPN Burere Sentani Nomor: S.tk.03/PP.00.9/7/64/2006 dan pengesahan dari Direktorat Jenderal Bimas Kristen Departemen Agama RI Tahun 2007, yang terdiri dari 80 SKS. Kurikulum tersebut disusun berdasarkan kebutuhan muatan instusional/Lokal yang terdiri dari kelompok:

1. Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), terdiri dari 2 mata kuliah (4 sks) diarahkan untuk mengembangkan kemampuan sebagai seorang pengajar/pendidik yang mampu membangun komunikasi serta memiliki kemampuan dalam pemanfatan teknologi untuk pengelohan data. Kemampuan ini diharapkan dapat dimanfatkan baik di tengah masyarakat maupun dalam konteks intereaksi belajar-mengajar. Adapun klasifikasi mata kuliah tersebut adalah sebagai berikut:
1. Komunikasi (2 sks)
2. Aplikasi Komputer (2 sks)

2. Mata Kuliah keilmuan dan Ketrampilan (MKK) terdiri dari: 11 Mata Kuliah (22 sks) dengan kompentesi yang diharapkan untuk dapat lebih menguatkan kompetensi keilmuan dan ketrampilan yang dapat di implementasikan dibidang Pendidikan Agama Kristen. Kompetensi keilmuan dan ketrampilan tersebut mencakup di dalamnya pengetahuan dasar teologis maupun ilmu kependidikan yang akan membentuk profil lulusan sebagai teolog maupun sebagai pendidik dibidang Pendidikan Agama Kristen. Adapun klasifikasi mata kuliah tersebut adalah sebagi berikut:
1. Pembimbing dan Pengetahuan PL I (2 sks)
2. Pembimbing dan Pengetahuan PL II (2 sks)
3. Pembimbing dan Pengetahuan PB I (2 sks)
4. Pembimbing dan Pengetahuan PB II (2 sks)
5. Pembimbing Teologi Sistematika (2 sks)
6. Psikologi Umum (2 sks)
7. Filsafat Pendidikan (2 sks)
8. Psikologi Perkembangan (2 sks)
9. Psikologi Pendidikan (2 sks)
10. Teori Belajar Dalam PAK (2 sks)
11. Metodologi Penelitian (2 sks)

3. Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB), terdiri dari 13 mata kuliah(29 sks) dengan kompetensi yang diharapkan adalah memperkuat kemampuan sebagai cendikiawan di bidang Pendidikan Agama Kristen, teristimewa keahlian dan kreatifitas sebagai seorang pengajar/pendidik yang mamapu mengoprasikan pengetahuan teoritis Pendidikan Agama Kristen ke dalam bentuk praktek pembelajaran dengan berbagai media pembelajaran. Adapun kalsifikasi mata kuliah tersebut adalah sebagai berikut:
1. Dokmatika 1 (3 sks)
2. Dokmatika 2 (3 sks)
3. Etika Kristen (3 sks)
4. Sejarah Gereja Asia (2 sks)
5. Sejarah Gereja Indonesia (2 sks)
6. Pembimbing PAK I (2 sks)
7. Pembimbing PAK II (2 sks)
8. Kurikulum PAK (2 sks)
9. Strategi Pembelajaran PAK (2 sks)
10. PAK Anak-Anak (2 sks)
11. PAK Remaja/Pemuda (2 sks)
12. PAK Dewasa (2 sks)
13. Evaluasi PAK (2 sks)

4. Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB), terdiri dari 5 mata kuliah (11 sks) yang dirancang untuk mengkaji relevensi teologis maupun praktis tentang konsep Pendidikan Agama Kristen sebagai bagian dari kerangka misi kristiani.Dengan demikian sasaran utama dari mata kuliah ini adalah membentuk cendikiawan kristen yang memahami musik gerejawi sebagai bagian dari misi Kristiani. Mata kuliah tersebut adalah:
1. Kateketika (2 sks)
2. Homeletika (3 sks)
3. Misiologi (2 sks)
4. Musik Gereja (2 sks)
5. Bimbingan Konseling (2 sks)

5. Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB),terdiri dari 2 mata kuliah (12 sks), dengan kompetensi dasar Memiliki kemampuan dan kepekaan memahami konteks dan kebutuhan gereja dan masyarakat sehingga dapat mengabdikan dirinya sesuai keahlian.Mata kuliah tersebut adalah:
1. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) (6 sks), dan
2. Skripsi (6 sks)

by: admin_zem timang@2016