MENGALAMI BERKAT TUHAN DI TENGAH PERGUMULAN

Teks Alkitab : Imamat 26:1-13

Saudaraku di dalam Tuhan Yesus.
Memulai refleksi rohani ini, saya ingin mengajukan sebuah pertanyaan sederhana : “Adakah di antara kita yang tidak ingin mengalami berkat Allah dalam hidupnya ??. Tentulah tidak ada. Sebaliknya semua kita pasti ingin agar hidup kita/rumah tangga Lita (suami/istri/anak-anak/saudara/orang tua kita mengalami berkat pemberian Tuhan. Apalagi
saat ini sebagai pribadi/keluarga/masyarakat/bangsa dan negara, kita sedang bergumul dengan masalah COVID 19 yang membawa musibah kematian bagi manusia di seluruh dunia dan krisis di bidang ekonomi yang berdampak pada ekonomi keluarga. Dalam kenyataan hidup yang diwarnai dengan pergmulan ini tentulah kita semua merindukan Allah memberkati kehidupan kita.

Saudaraku yang diberkati Tuhan.
Namun untuk mengalami berkat Tuhan dalam kehidupan kita, perlu kiranya kita mengetahui cara yang benar until memperoleh berkat Tuhan.
Jika demikian bagaimana caranya kita sebagai umat Tuhan dapat mengalami berkat Tuhan ??.

Saudaraku yang di sayang Tuhan.
Berikut ini, kepada kita diberitahukan beberapa cara rohani agar kita dapat “mengalami berkat Tuhan”. Beberapa cara rohani itu, antara lain :

  1. PERCAYA KITA HANYA KEPADA TUHAN DAN BUKAN KEPADA BERHALA YANG FANA.
    Artinya, jangan kita “menduakan Tuhan dengan cara melakukan praktek penyembahan politeisme singkritisme maupun okultisme di hadapan Tuhan” (ay.1)
  2. MENCIPTAKAN RELATIONSHIP DENGAN TUHAN. Artinya, kita wajib “memelihara hubungan persekutuan yang erat, akrab dan harmonis dengan Tuhan melalui cara memelihara sabat Tuhan dan menghormati tempat kudus Tuhan” (ay.2)
  3. SETIA DAN TAAT MELAKUKAN HUKUM TUHAN. Artinya kita wajib
    “menuruti ketetapan dan perintah Tuhan”
    (ay.3).

Inilah 3 cara rohani yang perlu kita miliki dan lakukan dengan taat dan setia bila kita ingin memperoleh berkat dari Tuhan.

Saudaraku yang dibimbing Tuhan.
Bila kita telah dengan taat dan setia melakukan 3 cara rohani sebagaimana di Firmankan Tuhan di atas, maka “TUHAN HADIR MEMBERKATI KITA”. Adapun berkat Tuhan itu diberikan Tuhan kepada kita adalah :

  1. Tuhan memberi DAMAI SEJAHTERA bagi umat-Nya (ay.4-6)
  2. Tuhan memberi KEMENANGAN bagi umat-Nya terhadap para lawan (ay.7-8)
  3. Tuhan MEMBERKATI KETURUNAN dan MEMBUAT PERLJANJIAN dengan umat-Nya (ay.9-10)
  4. Tuhan MENJADI ALLAH ATAS UMATNYA DAN MEMBAWA KELEPASAN DARI PERGUMULAN DAN MEMBERI MASA DEPAN BARU YANG PASTI bagi umat-Nya (ay.11-13)

Saudaraku yang mengalami sayang Tuhan.
Atas refleksi dari uraian Firman Tuhan di atas, maka kita percaya bahwa dalam keadaan apapun yang kita alami di hari ini, kita percaya bahwa TUHAN HADIR MEMBAWA BERKAT BAGI KITA. Untuk itulah sikap yang harus kita tunjukan sebagai anak-anak Tuhan adalah :

Menunjukkan
PERCAYA HANYA PADA TUHAN, serta menjauhkan diri dari praktek penyembahan politeisme, singkritisme dan okultisme.

Menunjukkan HUBUNGAN YANG INTIM DAN MESRA DENGAN TUHAN.

Menunjukkan KETAATAN DAN KESETIAAN MELAKUKAN HUKUM-HUKUM TUHAN.

Tuhan Yesus Memberkati.
Semoga Bermanfaat
Salam DAMAI

Penulis: Pdt. Dr. Kresbinol Labobar, M.Si.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *