Siapkan Pembelajaran Daring, STAKPN Sentani Laksanakan “Workshop Pembelajaran Daring melalui Pemanfaatan Media Digital”

Sudah hampir 7 bulan di Indonesia bahkan di dunia dilanda pandemi Covid-19. Dampak dari pandemi tersebut di semua jenjang pendidikan baik PAUD, TK, SD, SMP, SMA-SMK, sampai Perguruan Tinggi, dalam melaksanakan pembelajaran mau tidak mau harus menggunakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)/ daring, dengan tujuan agar dapat memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Dilatarbelakangi keadaan tersebut yang mengharuskan adanya PJJ, STAKPN Sentani mengadakan Workshop Pembelajaran Daring melalui Pemanfaatan Media Digital selama 1 hari yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Dosen dalam menyampaikan materi terhadap mahasiswanya secara daring.  

Workshop Pembelajaran Daring ini diikuti oleh 46 Dosen yang dilaksanakan pada hari Jumat, 18 September 2020 dimulai dari Pkl. 08.00 – 16.00 WIT bertempat di Hotel Horison Jayapura.

Materi yang diberikan berkaitan dengan Pemanfaatan Aplikasi Zoom dan Pembuatan Virtual Classroom. Sebelum masuk materi, Workshop Pembelajaran Daring melalui Pemanfaatan Media Digital ini dibuka secara resmi oleh Bapak Karel Sapulettey, S.Th. selaku Kepala Bagian AUAK STAKPN Sentani. Dalam sambutannya beliau memberi motivasi kepada peserta Workshop agar tetap semangat dan antusias.

“Bapak / Ibu Dosen di suasana pandemi covid-19 ini,  mau tidak mau, suka tidak suka, kita sekarang  harus paham IT dalam penggunaan transformasi digital untuk menunjang kegiatan PJJ, untuk itu tetaplah semangat dan antausias dalam mengikuti kegiatan Workshop ini” ucapnya.

Sejalan dengan apa yang disampaikan oleh kepala Bagian AUAK,  Ketua Panitia kegiatan Workshop ini, Dr. Kresbinol Labobar, S.Th, M.Si., yang juga selaku Wakil Ketua I Bidang Pendidikan & Pengembangan Lembaga menegaskan bahwa STAKPN Sentani sudah saatnya menuju STAKPN Sentani yang SMART, dengan indikator : Unggul dalam SKILL, Unggul dalam MANAGEMENT, berlandaskan ALKITABIAH, Unggul dalam RISET, Unggul dalam TEKNOLOGI.

Lanjut dalam penyampaian Laporan Ketua Panitia beliau menyampaikan bahwa kegiatan Workshop ini memiliki peran strategis  untuk memberikan pembekalan bagi para Dosen STAKPN Sentani dalam menghadapi Tahun Akademik 2020/2021 dengan pembelajaran daring. Menurut beliau Dosen harus kreatif dan inovatif menggunakan teknologi. Jangan sampai pembelajaran yang dilakukan secara daring malah menjadi beban bagi para dosen dan mahasiswa.

“Kegiatan Workshop merupakan langkah awal memulai kegiatan PBM di lingkungan STAKPN Sentani, jadi sangat diharapkan Semua dosen wajib mengikutinya sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai,” imbuhnya.

Adapun inti dari materi Workshop dari Pemateri pertama yang disampaikan narasumber Zem Timang, ST adalah tentang pilihan untuk menggunakan aplikasi pembelajaran daring yang difokuskan tentang bagaimana membuat virtual classroom yang kreatif dan variatif sehingga pembelajaran daring menyenangkan, seperti menambahkan fitur kuis, game, poling dan lainnya.

Materi Workshop kedua yang disampaikan oleh narasumber Pdt. Jake Merril Ibo, S.Th, M.Si., dari Pusdiklat PBM GKI adalah materi tentang  Optimaliasi aplikasi zoom dalam melaksanakan Pembelaran Daring pada Tahun Akademik 2020/2021 di lingkungan STAKPN Sentani.

Sebagai Tindak lanjut dari Kegiatan Workshop ini, juga akan dilaksanakan sosialiasi dan Pelatihan kepada seluruh mahasiswa, sehingga proses Pembelajaran Daring pada tahun akademik 2020/2021 di lingkungan STAKPN Sentani dapat berjalan dengan baik demi tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan.

——————————————-

Penulis: Zem Timang

Foto: Zem Timang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *