Sejarah STAKPN Sentani

Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri Sentani adalah perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Departemen Agama Republik Indonesia sebagai penyelenggara penyelenggara dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni pada umumnya, dan secara khusus Ilmu Agama Kristen.

Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri Sentani adalah hasil dari pengubahan status Sekolah Tinggi Agama Kristen Oikumene Sentani Sesuai eksistensinya mengemban tanggung jawab untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia kristiani agar beriman teguh kepada Allah yang mewahyukan diriNya dan kasih-Nya melalui karya agung juru selamat Yesus Kristus dan tetap setia kepada falsafah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam kurun waktu lima tahun 1995-2000 embrio STAKPN yaitu STAK Sentani dikelola oleh Yayasan Tabitha Agape Irian Jaya, setelah itu kelanjutannya pada tanggal pada tanggal 9 April 2001, menjadi STAKPN yang diresmikan oleh Menteri Agama RI berdasarkan Keputusan Presiden nomor 108 tahun 2000, tanggal, 26 Juli 2000. Organisasi dan tata kerja STAKPN Burere-Sentani diatur sesuai keputusan Menteri Agama Nomor 370 Tahun 2000 dan Keputusan Menteri Agama Nomor 377 Tahun 2000.