STAKPN Sentani Resmi Melepas 114 Mahasiswa S1 Dalam Acara Yudisium

Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri Sentani (STAKPN Sentani) secara resmi melepas 114 mahasiswa S1 pada acara Yudisium Gelombang ke-XXII pada 14 Desember 2021. Prosesi yudisium berlangsung mulai pukul l0.00 s/d 12.00 WIT yang terpusat di GSG Manuri dengan menerapkan protokol kesehatan. Lulusan terdiri dari Program Studi Pendidikan Agama Kristen sebanyak  74 orang, Program Studi Teologi sebanyak 15 orang, dan Program Studi Musik Gereja sebanyak 25 orang.

(Para Pimpinan Program Studi )

Prosesi yudisium diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan doa, pembacaan SK Yudisium, sambutan, menyanyikan Lagu Mars STAKPN, pembacaan doa, sesi foto bersama sampai dengan penutupan. Acara ini dihadiri langsung oleh Wakil Ketua I Bidang Akademik, Pengembangan Lembaga, dan Alumni Dr. Kresbinol Labobar, M.Si serta didampingi oleh masing-masing unsur pimpinan program studi.

Dalam sambutan Wakil Ketua I menegaskan kepada seluruh lulusan S1 bahwa yudisium adalah proses akademik yang amat penting, karena menyangkut pengumuman nilai kelulusan mahasiswa dari seluruh proses akademik. Lebih lanjut, yudisium sebagai suatu keputusan di mana seorang mahasiswa itu dinyatakan telah memenuhi berbagai syarat akademik.

(Sambutan Wakil Ketua I Bidang Akademik, Pengembangan Lembaga dan Alumni, Dr. Kresbinol Labobar, M.Si.)

Sementara harapan Wakil Ketua I kepada 114 orang lulusan S1 bahwa sebagai cendekiawan atau intelektual Kristen harus mampu mengoptimalkan tiga dasar kecerdasan, yaitu Kecerdasan Spritual “Spiritual Quotient” (SQ), Kecerdasan Intelektual “Intelligence Quotient” (IQ), dan Kecerdasan Emosional “Emotional Quotient” (EQ) agar mampu berdaya saing di era disrupsi. Lebih dari itu, dapat memberi sumbangsing positif pembangunan pendidikan, gereja, maupun budaya di Tanah Papua dan secara luas kepada bangsa Indonesia.

Dalam sambutannya, Waka I menambahkan bahwa STAKPN Sentani sebagai pusat keunggulan “Center of Excellence” (CoE) telah berupaya membentuk tiga dasar kecerdasan manusia bagi setiap lulusan selama proses akademik, sekarang tugas dari setiap lulusan adalah mengomptimalkannya agar tetap bermanfaat sepanjang hayat.

(Penyerahan Hasil Kelulusan dari Pimpinan Program Studi kepada Mahasiswa )

Selanjutnya, 114 orang lulusan S1 akan terlibat besama lulusan S2 sebanyak 8 orang untuk mengikuti prosesi Wisuda STAKPN Sentani ke-XXII yang akan digelar pada 17 Desember 2021 di GSG Manuri dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.


Penulis: Yakob Godlif Malatuny, M.Pd

Foto: Robyn Budi Prasetyo, ST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *